Bahan Cream Pemutih Wajah yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Bahan Cream Pemutih Wajah yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil - Beberapa jenis kosmetik yang dibuat menggunakan bahan kimia sintesis harus diwaspadai karena dapat melewati plasenta dan masuk ke otak janin sehingga mengganggu perkembangan  janin. Berikut ini kandungan zat dalam kosmetik yang harus dihindari ketika sedang hamil:

1. Benzoil peroksida, ditemukan dalam banyak produk yang digunakan untuk mengobati jerawat termasuk kategori C yang sebaiknya dihindari.
2. Salicylic acid (BHA atau beta hydroxy acid), bahan ini dalam produk yang digunakan untuk anti penuaan dan mengobati jerawat.
3. Retinol A, merupakan bentuk vitamin A yang digunakan mengobati jerawat dan pengelupasan kulit mati. Dosis tinggi vitamin A terbukti dapat mengganggu perkembangan bayi.
4. Parabéns, yaitu pengawet yang sangat umum digunakan banyak produk perawatan kulit. Penelitian klinis menunjukkan adanya hubungan bahan ini dengan efek buruk pada sistem reproduksi bayi laki-laki.
5. Assutane, obat jerawat ini beresiko menyebabkan janin lahir cacat yang serius dan kemungkinan keguguran.
6. Hidrokortison, krip topical ini mengakibatkan janin lahir cacat dan jenis keracunan.
7. Dioksana,  Ini merupakan bahan bahaya yang tercantum pada setiap produk perawatan kulit karena merupakan bahan sintetis lain  berbabis minyak bumi. Bahan ini dapat menyebabkan kanker dan pengaruh efek samping pada perkembangan janin.
8. Cream Hair Removers, kemungkinan bahan ini dapat diserap ke dalam kulit sehingga harus dihindari selama kehamilan.

Bahaya merkuri (Hg) pada kosmetik adalah dapat mengakibatkan memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran (kematian janin dan mandul), flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).

Selain itu juga menimbulkan efek rebound yaitu memberikan respon berlawanan (kulit akan menjadi gelap/kusam saat pemakaian dihentikan). Untuk wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar) dan yang palig parah dapat mengakibatkan kanker kulit.

Namun bagi para ibu hamil, hendaknya perlu berhati-hati dalam memilih dan memakai produk kosmetik termasuk cream pemutih wajah. Pilihlah jenis atau merk cream pemutih wajah yang aman untuk ibu hamil.

Demikian ulasan singkat mengenai Bahan Cream Pemutih Wajah yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil.