Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar Secara Alami

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar Secara Alami – Apakah kamu memiliki kulit yang kering, bersisik atau kasar? Mungkin kondisi seperti ini akan membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Terlebih lagi jika hal ini dialami oleh kaum wanita. Setiap wanita tentunya ingin bisa memiliki kulit yang halus yang lembut, berbeda dengan kaum pria.

Untuk mengatasi kulit kering dan kasar bisa menggunakan cara kimia maupun cara alami. Untuk cara kimia, Anda bisa membeli produk-produk kosmetik yang beredar di pasaran, dan sebaiknya pilih yang berbahan aman dan telah terdaftar di BPOM. Sedangkan untuk cara yang tradisional atau alami, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Keuntungan merawat kulit secara alami ini adalah harganya yang tergolong murah dan jauh lebih aman.


1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun telah dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan atau pun kecantikan kulit. Minyak ini dapat digunakan untuk melembapkan kulit dan membuatnya menjadi terasa lebih kenyal. Menjelang tidur, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke area tubuh yang dirasa sangat kasar atau kering. Biarkan hingga pagi.

2. Ikan dan Biji Rami
Ikan dan minyak biji rami mengandung EFA, asam lemak esensial yang dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan melindungi kulit dari efek kering . Anda bisa mengonsumsi ikan sebagai menu harian Anda dan menggunakan minyak biji rami untuk menghaluskan kulit.

3. Petroleum Jelly
Setelah mandi, oleskan petroleum jelly ke area kulit yang kering dan kasar saat kulit masih basah. Lalu gunakan pakaian dalam berbahan katun untuk mengunci kelembapan pada kulit tubuh Anda.

4. Gandum/Oat
Anda suka makan oatmeal? Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan untuk melembutkan kulit kering dan kasar. Baru-baru ini, peneliti juga menemukan bahwa gandum mengandung senyawa kimia yang disebut avenanthramides, yang mampu melawan peradangan dan kemerahan pada kulit. Untuk itu, hancurkan oatmeal – yang sudah ditambahkan sedikit air – dengan menggunakan blender atau food processor, lalu oleskan merata ke bagian kulit yang terasa kering atau kasar. Diamkan selama 15 menit dan bilas.

5. Rajin Minum Air Putih
Salah satu penyebab kulit kasar dan kering adalah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Untuk itu, Anda harus rajin minum air putih sekitar 8-10 gelas per hari. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari masalah dehidrasi sehingga kelembaban kulit menjadi terjaga.

Sekian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar Secara Alami. Semoga bermanfaat.